Thursday, August 17, 2006

Kolom Teknis

Pre-Amp Mic 2 Transistor.

Untuk rekan2 yang masih penasaran dgn kwalitas audio bisa mencoba rangkaian pre-amp 2 tingkat, yang dapat digunakan utk Microphone Condenser/Electret 3 Kaki atau dynamic. Utk Microphone dynamic, resisitor utk tegangan sebesar 1K tidak perlu di pasang. Seperti biasa, untuk mengatur besarnya gain yang masuk ke RIG, dapat dipasang potensio meter sebesar 10K linear di bagian out pre-amp.
Selamat mencoba.




Buat sendiri penguat Microphone utk RIG anda

Dibawah ini terdapat skema pre-amp satu transistor , yang dapat dibuat dengan budget beberapa ribu rupiah!. Rangkaian ini sangat baik digunakan untuk jenis microphone Impedansi rendah (dynamic), maupun yang berimpedansi tinggi (Condeser/electret). Yang membedakan hanyalah bagian inputnya saja. Utk jenis microphone Dynamic, R1, serta capacitor coupling C1 dn C3 tidak diperlukan. Tegangan DC yg digunakan bisa mulai 6V s/d 16 Volt. Tipe transistor yang digunakan adalah BC547B atau BC549B. Anda bisa melakukan eksperimen dgn mengganti R2 mulai dari 100K Ohm sampai dgn 1 M Ohm, semakin besar nilai R2, maka penguatan yang didapat juga akan semakin besar . Untuk mengatur besarnya output gain yang masuk ke bagian input RIG, dpt dipasang tripot atau potensio meter dgn nilai 10KB di bagian outputnya. Selamat mencoba!






Buat Sendiri Mobile Antenna utk HF

Bagi rekan2 yg berminat utk membuat Mobile Antenna utk HF, berikut ini ada design antenna yang mudah dan murah untuk dibuat. (Design by Frank W King KM41E - North Carolina)
Selamat mencoba.






No comments: